Sabtu, 03 Mei 2014

Unity, Game Engine Sakti Untuk Berbagai Platform

Mungkin kata ‘game’ sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Kata ‘game’ merupakan kata yang bersal dari bahasa Inggris yang artinya adalah ‘Permainan’, yaitu merupakan aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Di Indonesia sendiri pada umumnya kata ‘game’  diartikan sebagai suatu permainan yang identik dengan permainan digital yang memerlukan konsol game khusus untuk memainkannya.
Dari sekian orang yang membaca artikel ini, mungkin sebagian besar dari anda pernah atau bahkan hoby bermain game. Tapi apakah anda pernah berpikir untuk membuat game anda sendiri?? Sulit dan ribet, mungkin itulah yang ada di benak anda ketika anda berfikir untuk membuat game. Memang, dahulu sebelum tahun 2000′an membuat game memang sangat sulit dan ribet. Pada waktu itu masih belum banyak game engine yang beredar. Yang ada hanyalah berupa library kecil untuk mempermudah pemrograman. Tidak ada tampilan visual, yang ada hanyalah barisan script untuk menjalankan perintah-perintah tertentu. Namun, saat ini berbagai game engine canggih banyak beredar dipasaran. Bahkan banyak pula yang free alias gratis, dan ada yang open source. Salah satu game engine yang memiliki banyak pengguna adalah Unity.

Unity merupakan salah satu game engine yang banyak digunakan. Unity menyediakan fitur pengembangan game dalam berbagai platform, yaitu Unity Web, Windows, Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii. Dan kabarnya, Unity akan merilis versi berikutnya dengan dilengkapi platform Flash.
Versi gratis unity menyediakan fitur pengembangan game berbasis windows, standalone mac, dan web. Sedangkan untuk platform lainnya diperlukan lisensi khusus. Unity pro juga menyediakan beberapa fitur lebih jika dibandingkan unity free, misalkan adalah efek bayangan pada objek dan efek water yang lebih memukau.
Dalam unity disediakan berbagai pilihan bahasa pemrograman untuk mengembangkan game, antara lain JavaScript, C#, dan BooScript. Namun meskipun disediakan tiga bahasa pemrograman, kebanyakan developer menggunakan JavaScript dan C# sebagai bahasa yang digunakan untuk mengembangkan game mereka.
Unity Mensuport pembuatan game 2D dan 3D, namun lebih ditekankan pada 3D. Pengembangan game lebih ditekankan pada desain dan tampilan visual daripada pemrograman.

Tanggapan : Banyak orang suka bermain game,bahkan hampir semua orang dari kalangan muda hingga tua pernah bermain game, akan tetapi masih sedikit orang yang tau bagaimana game itu sendiri dibuat.Dengan aplikasi game engine Unity3d ini lah banyak game yang sudah terbuat untuk dimainkan di Windows,Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii.
Referensi : http://gurusakti.wordpress.com/2012/03/14/berkenalan-lebih-jauh-dengan-game-engine-unity3d-for-beginner/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar